BANTENHUB.ID, CILEGON – Sebuah unggahan Instagram milik pimpinan tertinggi Pemerintah Kota Cilegon mendadak menjadi ajang curhat warga soal keluhan proses KTP lamban.
Curhat keluhan proses KTP lamban ini muncul di akun Instagram @robinsar19, yang diketahui milik Wali Kota Cilegon Robinsar.
Dimana awalnya akun Instagram @robinsar19 mengunggah postingan seputar penataan pasar dan pentingnya penegakan aturan.

Namun, di luar dugaan, kolom komentar unggahan tersebut justru dipenuhi keluhan warga terkait lambatnya proses pembuatan KTP.
Salah satunya disampaikan akun @leniagustin3 yang mengaku sudah hampir tiga bulan menunggu KTP baru setelah pindah domisili, namun belum juga mendapat kartu fisik atau blanko.
“Sudah hampir tiga bulan, Pak, kartu belangkonya belum ada,” tulisnya.

Komentar itu memancing respons dari warganet lain.
Akun @hayat_inufus memberi saran agar pelapor melengkapi dokumen kehilangan dari kepolisian dan menyampaikan masalahnya langsung ke kantor kecamatan Citangkil.
Ia juga menyindir pelayanan yang dinilai tidak efisien dan minim keramahan.
“Udah gitu judes pula,” ujarnya menambahkan.
Akun lainnya, @kaifi_azmiaa29, bahkan menyarankan agar masalah ini ditandai langsung kepada camat setempat agar bisa segera ditindaklanjuti.
“Tag aja camatnya,” komentarnya.
Fenomena ini memperlihatkan bagaimana media sosial kini menjadi saluran alternatif warga untuk menyampaikan keluhan publik secara langsung.
Di sisi lain, munculnya unek-unek warga di platform digital ini bisa menjadi masukan berharga bagi pemerintah untuk mengevaluasi kinerja pelayanan, khususnya di bidang administrasi kependudukan. (red)
Leave a Reply